Belajar Mengatur Waktu dari E-Book “Jago Ngatur Waktu”

Published by

on

Kya…. udah lama banget ngga update blog tercinta ini. Sibuk di blog dan situs-situs lain akhirnya terbengkelai deh.

Kali ini saya hendak berbagi review e-book “Jago Ngatur Waktu” terbitan Indscript Corporation. Saya dapatkan buku ini dengan gratis sebagai give away dari Indscript di bulan Juli lalu.

Sudah lama sebetulnya naksir e-book yang satu ini, tapi berhubung kerjaan yang ga ada habisnya jadi ketunda terus. Alhamdulillah, akhirnya dibagikan dengan gratis dengan harapan akan membantu para ibu, yang biasanya mempunyai banyak peran, agar mampu menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

Tapi sebetulnya siapa aja juga bisa kok menggunakan tips-tips yang ada di buku ini. Yang penting mau atau enggak aja.

Untuk yang sudah kenal dengan Ibu Indari Mastuti, pasti tahu bahwa ibu dua orang putra dan putri ini memiliki kesibukan yang suangat banyak.

Dalam salah satu sesi video sharing pada komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis dan Doyan Bisnis, Beliau bercerita bahwa ada hampir 100 lebih kegiatan rutin yang bisa Beliau selesaikan dalam satu hari.

Nah, e-book ini terinspirasi dari cara Beliau bagaimana mengatur waktu dalam kesehariannya.

Ditulis dengan gaya presentasi, membuat buku ini mudah untuk diikuti dan dicerna setiap panduannya.

Ada 10 langkah yang harus dilakukan agar kita dapat menggunakan atau jago ngatur waktu. Dimulai dari langkah menuliskan (dengan detil ya) apa saja yang harus dilakukan dalam satu hari hingga bagaimana menyelesaikan setiap pekerjaan itu dengan baik.

Bila belum terbiasa, memang rasanya aneh, apalagi bila kita hanya berkutat didalam rumah, Namun ternyata tips menuliskan dengan detil semua pekerjaan yang harus kita lakukan membuat waktu yang kita miliki bisa terpeta dengan baik.

Misal bila ada tiga pekerjaan yang harus selesai dipagi hari; masak, nyuci, nyiapain anak sekolah (khas emak…biarin aja =D ). Nyiapin anak ke sekolah tu kan macem-macem, mulai dari nyiapin sarapan, ngecek buku, sampai nyisirin anak (ketahuan anaknya masih kecil wkwkk).

Semua itu perlu ditulis; ngrendem cuciannya berapa menit, nyiapin sarapannya berapa menit, ngecek buku dan njawab teriakan kaos kaki ilang (just in case) juga ditulis.

Buat emak yang ga ada kegiatan lain pun akhirnya bisa tahu, bahwa ternyata ada waktu-waktu tertentu yang sebetulnya bisa digunakan lebih produktif.

Kalo untuk emak yang banyak kegiatan si, tentu saja cara ini tidak hanya memetakan waktu yang dimiliki, tapi juga bagaimana mencegah terlewatnya detil-detil pekerjaan yang harus dilakukan.

Perangkat ngatur waktu; dulu buku, sekarang google keeps
Perangkat ngatur waktu; dulu buku, sekarang google keeps

Saya mengawali mengikuti tips dari e-book ini dengan menggunakan buku notes kecil sehingga bisa di bawa kemana-mana. Tapi sekarang lebih banyak ngandelin Google Keeps dan Google kalender agar saat keluar ga rempong bawa aneka prithilan (buku, hp, kamera, dompet de el el, de es be).

Kini mengatur waktu sudah bukan hal yang sulit lagi. Saya pun bisa memetakan berapa hari target tulisan yang bisa saya buat. Tinggal menyesuaikan saat ingin menulis lebih dari biasanya.

12 responses to “Belajar Mengatur Waktu dari E-Book “Jago Ngatur Waktu””

  1. liswanti Avatar

    Mantep neh tipsnua.

    saya juga pake buku kecil mak, buat bikin agenda harian.

    1. Ibunya Hana Avatar

      Cobain Google Keeps, Mak. Lebih praktis, dan all in one

  2. istianasutanti Avatar

    Berarti mesti ditulis dan diberi waktu yaa.. Anyway, yang komen boleh minta nih mbak bukunya? Hee 😀

    1. Ibunya Hana Avatar

      Iya dong, Mak, tulis jamnya juga. Aku inbok di fb ya

  3. Maya Siswadi Avatar

    Waahh boleh juga nih dicoba tipsnya. Suka berantakan atur waktu 🙂

    1. Ibunya Hana Avatar

      Sama mak, Alhamdulillah setelah belajar buku ini bisa lebih rapi.

  4. lee via han Avatar

    wah iya banget mak, saya juga nyatet gitu biar teratur waktunya, kalo mak sendiri catetannya untuk berapa hari kedepan?1hari apa buat catatan seminggu kedepan udah ada?

    Salam,
    http://www.leeviahan.com

    1. Ibunya Hana Avatar

      Aku tiap hari mak. Tapi kalo ada deadline yang harus selesai pada hari tertentu bisanya sudah aku masukkan dan pasti emnjadi prioritas.

  5. yrochayah Avatar

    Wuiiiih asyik nih, yang koment dibagi e-booknya. eh tapi boleh juga tuh google keepnya, saya belum pakai. sepertinya mulai ngerasa perlu.(ketinggalan banget ya sayah…)

    1. Rahayu Pawitri Avatar

      Aduh, mbak yayah maaf, blog ini jarang aku tengok. E-booknya aku cari dulu ya.

  6. yayah Avatar

    Mbak Wit, mana nih E booknya?

    1. Rahayu Pawitri Avatar

      Waduh, nggak ketemu mbak Yayah. mkg kehapus waktu lepi-ku mabok kemarin. Maaf ya ☺️

Leave a comment